Minggu, 25 September 2011

Sukabumi, SENTANAonline.com


SEKRETARIS Daerah Kabupaten Sukabumi, Drs. H. Adjo Sardjono, MM mengingatkan agar pendidikan anak usia dini harus berakar pada nilai-nilai luhur budaya bangsa.

“Cara itu untuk membentengi anak agar bias menangkal budaya yang tidak sesuai dengan nilai budaya luhur bangsa Indoensia,” kata Sekda acara pembukaan Konfrensi Cabang Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak      Indonesia (GOPTKI) Tingkat Kabupaten Sukabumi bertempat di aula Pendopo Sukabumi. Rabu,(21/9) lalu.

Dijelaskan, jika tidak memiliki penangkal, pesatnya perkembangan teknologi, dikhawatirkan mempengaruhi sikap dan budaya anak. Karena, anak-anak dihadapkan pada derasnya perkembangan ilmu dan teknologi yang merasuk kiehidupan anak. ”Nilai-nilai luhur budaya bangsa harus ditanamkan sejak dini,” ujarnya.

Sekda mengatakan, pendidikan anak usia dini termasuk di dalamnya Taman Kanak-kanak (TK)  memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. Pengembangan karakter terbaik ditentukan sejak usia dini dan akan menjadikan anak mampu membentuk dirinya menghadapi kehidupan selanjutnya.

“Pada masa ini, anak memiliki potensi yang maksimal untuk mampu menerima berbagai informasi yang bisa mempengaruhi struktur dan fungsi otak,” ucapnya.
Sekda mengharapkan, dengan diselenggarakannya konfercab itersebut,  mampu menghasilkan pengurus GOPTKI Tingkat Kabupaten Sukabumi yang handal dan kompeten di bidangnya,  sehingga membantu mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu juga meningkatkan partisipasi masyarakat agar taman kanak-kanak dapat menjangkau lapisan masyarakat yang kurang beruntung.  “Dengan demikian semakin banyak anak memperoleh pendidikan ini sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Ny. Ratih Saendinobrata dalam laporannya mengatakan bahwa, Konfercab yang diikuti oleh seluruh ranting pengelola Taman Kanak-kanak se- Kabupaten sukabumi  bertujuan untuk melaporkan pertanggungjawaban pengurus DPC GOPTKI Masa bhakti 2005-2010, mensosialisasikan AD/ART dan Atribut GOPTKI hasil keputusan kongres ke XI, menyusun program kerja GOPTKI serta menetapkan ketua DPC dan menyusun pengurus DPC GOPTKI Kabupaten Sukabumi masa bhakti 2010-2015.(GYF)

0 komentar :

Posting Komentar