Selasa, 06 September 2011

Sukabumi,SENTANAONLINE.com-- Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (BPN RI) Kantor Pertanahan Kota Sukabumi menargetkan penyertifikatan tanah melalui Program Nasional (Prona) selesai seluruhnya pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke 51 BPN RI 24/09 mendatang.
Tekad tersebut diungkapkan Kepala BPN RI Kantor Pertanahan Kota Sukabumi, James F Tirayoh di ruang kerjanya kemarin. “Sekarang sedang dalam tahap penyelesaian,”katanya.
Diungkapkan, kantor yang dipimpinnya menerima tugas untuk menyelesaikan sebenyak 350 sertifikat bagi kalangan tidak mampu. Sebanyak 100 sertifikat telah diserahkan kepada pemiliknya  pada HUT ke 66 RI lalu. “Jadi tinggal 250 sertifikat yang akan diserahkan pada HUT BPN nanti,”ujarnya.
James menjelaskan, hingga tahun ini, tanah yang tersertifikat melalui di Kota Sukabumi mencapai 30 ribu bidang atau setara dengan 70 persen. Sebagian diantaranya melalui Prona. Dengan tersertifikatnya tanah milik masyarakat, katanya, maka akan meningkatkan harga  yang berdampak pada tingkat kesejahteraan.
Disisi lain, menambah tingginya pendapatan Pemkot Sukabumi dari  sector pajak khususnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). “Tanah yang bersertifikat juga memiliki kekuatan hokum bagi pemiliknya,”katanya.
Dia berharap, seluruh tanah di Kota Sukabumi tersertifikat dalam waktu beberapa tahun mendatang. Untuk itu, dia berusaha meningkatkan jumlah sertifikat yang dialokasikan  dari BPN RI bagi kalangan tidak mampu melalui Prona. “Kita berharap, tahun 2012  1000 sertifikat dialokasikan untuk Kota Sukabumi. Tapi itu tergantung pusat,”ujarnya.
James juga mengungkapkan, suksesnya Prona tidak terlepas dari dukungan dari Pemkot Sukabumi.Sehingga prosesnya berjalan dengan lancer bahkan   lebih cepat dari target.
Penulis: Abu Hanif Nasution.

0 komentar :

Posting Komentar