Jumat, 09 September 2011

Kota Sukabumi-Pelita
Camat Citamiang Punjul Saepul Hayat meminta kepada Pemkot Sukabumi untuk kembali mengembangkan objek wisata pemandian air panas Santa yang terbengkalai cukup lama. Pasalnya, jika objek wisata tersebut dikelola dan dikembangkan kembali secara tidak langsung akan mempunyai dampak positif baik dari sisi PAD maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi objek wisata tersebut.
“Objek wisata Santa perlu dikelola lagi karena aset yang bagus dan merupakan satu-satunya potensi wisata di Kecamatan Citamiang,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (9/9).
Menurut Punjul, objek wisata pemandian air panas Santa perlu dikelola lagi karena mempunyai daya tarik tersendiri dengan kadar belerangnya yang cukup bagus. Apabila kedepan dikelola kembali, akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar seperti berdagang dan lainnya.
“Terkait siapa yang akan mengelola kembali objek wisata Santa terserah Pemkot Sukabumi, apakah oleh pemda sendiri atau pihak swasta,” ujarnya.
Saat ini Kecamatan Citamiang sendiri sedang mendata potensi wisata dan UKM di wilayahnya, seperti UKM makanan tradisional dan kerajinan tangan. Nantinya potensi yang ada akan dipromosikan sehingga menjadi daya tarik Kecamatan Citamiang.  Saat ini UKM produk makanan yang ada di Kecamatan Citamiang diantaranya, kue dangdut, bandrek, tahu tempe, toge dan tauco. Selain itu juga ada pengembangbiakan lobster hias.
“Nantinya segala potensi yang ada di Kecamatan Citamiang aik wisata, makanan dan kerajinan perlu dikembankan secara berkala. Selain itu kedepannya kami juga akan mengundang para pelaku UKM dan pihak perbankan yang menyalurkan UKM,” ungkapnya. (bud/4)

0 komentar :

Posting Komentar