Minggu, 11 September 2011


Sukabumi, SENTANAonline.com ---     Dalam waktu dekat, Pasar Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jabar segera dibangun menjadi pasar semi modern. Kepastian tersebut ditandai dengan dilakukannya penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Sukabumi dengan PT Setia Muda Perkasa sebagai pengembang dan pemilik lahan di Gedung Pandopo Kabupaten Sukabumi,Jalan Jend. A.Yani Kota Sukabumi, Kamis (08/9) kemarin.
Mou yang ditandatangani Bupati Sukabumi, H.Sukmawijaya, Sekda Kabupaten Sukabumi, Ajo Sarjono, Pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi, Direktur PT Setia Muda Perkasa dan Andreas sebagai pemilik lahan tersebut merupakan kesepakatan tambahan yang telah dilakukan tahun 1992 lalu.
Bupati mengatakan, kondisi Pasar Cisaat sudah tidak layak untuk digunakan.Terlebih setelah terjadinya kebakaran beberapa waktu lalu. “Alhamdulillah dengan ditandatanganinya MoU ini, Pasar Cisaat segera dibangun menjadi pasar semi modern,” ujarnya usai penandatanganan.
Untuk itu, bupati berharap, rencana itu tidak mengalami kendala, sehingga  pembangunannya bisa segera dimulai.

Sementara Sekda Kabupaten Sukabumi mengatakan, adanya penambahan kesepakatan, karena  adanya kelemahan isi kesepakatan yang dintandatangani tahun 1992 lalu. Dalam kesepakatan lalu, tidak tertuang poin penyerahan lahan tersebut menjadi asset pemkab Sukabumi. Sehingga pasar seluas 16 ribu meter persegi tersebut tidak bisa diambil alih pemerintah.
Sekda memaklumi hal tersebut, karena saat itu pembangunannya dibiayai oleh pengembang, bukan pemerintah. Selain itu, lahan pasar merupakan milik pribadi Andreas. “Jadi, dalam MoU kali ini, ada penambahan. Investor  akan menyerahkan pasar Cisaat kepada Pemkab Sukabumi terhitung lima tahun setelah selesai pembangunan,” ujarnya.
Sedangkan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan (Kadiskoperindag)  Kabupaten Sukabumi, Asep Japar mengatakan, sesuai rencana, Pasar Cisaat nantinya akan lebih megah dan lebih nyaman bagi pengunjung. Sehingga sangat meguntungkan bukan hanya bagi pengunjung tapi juga pedagang. “Jadi tidak kalah dengan pasar modern lainnya,” katanya.
Asep menargetkan, pasar tersebut akan selesai pembangunannya pada pertengahan tahun depan. Sehingga pada lebaran tahun 2012, sudah bisa digunakan.  “Kami mengharapkan, dengan dibangunnya menjadi pasar semi modern, akan meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Kecamatan Cisaat,” tutupnya. (RMT)
logo sentana

0 komentar :

Posting Komentar