Kamis, 01 Desember 2011


   
·          
Selasa, 20/09/2011 - 06:14
SUKABUMI, (PRLM).-
            Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Sukabumi akan menyalurkan air bersih kepada masyarakat yang daerahnya mengalami krisis air, pengaruh musim kemarau saat ini. Untuk penyaluran air bersih tersebut, BPBD sudah berkoordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sukabumi.
Selain itu, BPBD pun akan menyalurkan bantuan makanan dan obat-obatan untuk daerah yang dilanda kekeringan. Hal itu guna mengatasi terjadinya rawan pangan dan wabah penyakit dampak dari kekeringan tersebut.
“Kami sudah menyiapkan berbagai bantuan untuk daerah yang dilanda bencana kekeringan. Dari mulai suplai air bersih untuk minum, termasuk makanan dan obat-obatan. Kita sudah berkoordinasi dengan dinas dan OPD (organisasi perangkat daerah) untuk penanggulangan bencana kekeringan ini,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kab. Sukabumi, Usman Susilo ketika dihubungi di Palabuhanratu, Senin (19/9).
Menurut dia, sebelum menyalurkan bantuan tersebut, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan verifikasi dan peninjauan langsung ke lapangan apabila ada daerah yang dilaporkan terkena bencana kekeringan. Selain untuk mengecek sejauhmana kondisi kekeringannya, sekaligus juga mendata jumlah warga yang memerlukan bantuan.
“Pendataan warga ini diperlukan untuk menentukan jumlah bantuan yang akan kita kirimkan. Contohnya, bantuan air bersih. Kita akan menghitung berapa tangki air bersih yang akan kita kirim untuk masyarakat yang mengalami krisis air. Nanti kita dengan PDAM akan mengirimkan langsung bantuan air bersih tersebut,” tutur Usman.
Di tempat terpisah, Kepala PDAM Cabang Palabuhanratu, Cucu Hermana mengatakan, kapan pun diminta bantuannya, pihaknya akan siap menyediakan pasokan air minum untuk masyarakat yang dilanda krisis air. Hanya saja, untuk penyediaan mobil tankinya harus didatangkan langsung dari kantor PDAM Sukabumi.
“Kami tidak punya mobil tankinya. Untuk penyediaan mobil tangki harus dari kantor pusat (PDAM Sukabumi). Kami hanya bisa menyediakan air bersih. (A-26/A-67).***



·         JAWA BARAT ·         PIKIRAN RAKYAT·         ONLINE

0 komentar :

Posting Komentar