Kamis, 01 Desember 2011


                                                             Kabupaten Sukabumi-Pelita

         Tekad Kabupaten Sukabumi untuk menjadi miniatur ekonomi syariah di Indonesia, nampaknya benar-benar dilakukan secara serius. Buktinya untuk mewujudkan hal tersebut, Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Sukabumi menggelar sarasehan penegakan syariat Islam melalui pengembangan ekonomi yang dihadiri oleh Bupati Sukabumi H. Sukmawijaya, Ketua BAZ Kabupaten Sukabumi KH. Mustafa Kamal, Pakar Ekonomi Islam Prof.Dr.IR. A.M Saefudin dan 100 orang undangan yang terdiri dari tokoh pemuda, alim ulama dan praktisi akademisi, di Ruang Pertemuan Halimun, Hotel Pangrango, Selabintana, Rabu (30/11).

           “Hasil dari sarasehan ini nantinya akan berujung kepada penandatangan MoU dengan Universitas Ibnu Kholdun. Alasannya, karena pakar-pakar ekonomi islam di Indonesia banyak yang berasal dari sana dan sudah menerapkan konsep tersebut sejak lama,” kata Ketua BAZ Kabupaten Sukabumi KH. Mustafa Kamal.

          Menurut Mustafa, saat ini penerapan ekonomi islam di Indonesia dengan konsep syariah sudah dilakukan oleh perbankan, asuransi dan pegadaian. Kedepannya, pihaknya akan mencoba konsep syariah diterapkan di dalam sistem zakat.

         “Saat ini perkembangan  konsep ekonomi syariah di Kabupaten Sukabumi sendiri sudah terbilang bagus, dan tinggal diteruskan kedepannya,” ungkapnya.

        Sementara itu Pakar Ekonomi Islam Prof.Dr.IR. A.M Saefudin mengatakan, konsep ekonomi syariah merupakan prinsip ekonomi yang berdasarkan ketentuan-ketentuan agama islam. Dimana dalam sistem keuangan yg dibangun dengan prinsip bagi hasil, baik untung maupun rugi .

    “Dalam penerapan ekonomi syariah lebih ditonjolkan dan konsep kerjasama,” katanya.

       Menurutnya, sejauh ini perkembangan konsep ekonomi syariah di Indonesia sudah meningkat, hanya saja jika dilihat dari sisi proporsional masih kecil. Dimana saat ini pihak perbankan, asuransi, pegadaian dan lembaga keuangan serta non keuangan sudah menerapkan konsep ekonomi syariah tersebut.

       Rencana BAZ Kabupaten Sukabumi untuk menjadikan Kabupaten Sukabumi sebagai minatur ekonomi syariah di Indonesia merupakan langkah yang perlu didukung semua pihak termasuk pemda.      “Karena saat ini sudah mulai terlihat titik terang ke arah sana,” ungkapnya.(bud/4)

0 komentar :

Posting Komentar