Rabu, 14 Desember 2011


Kota Sukabumi-

           Pembangunan bendungan dan irigasi yang terletak di Rt 01/04 Kp. Kubang Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyongyang dikerjakan oleh Panitia Dana Hibah tahun 2011 Kelurahan Sukakarya, sudah selesai pengerjannya 100 persen. Berdasarkan tinjauan di lokasi pengerjaan kemarin, tampak para pekerja sedang menyelesaikan bagian bagian akhir bendungan dan irigasi, terutama pemasangan pintu air untuk irigasi.

           Ketua Panitia Dana Hibah tahun 2011 Kelurahan Sukakarya Taufiqurahman mengatakan, pengerjaan pembangunan Bendungan dan Irigasi sepanjang 25 meter tersebut menghabiskan anggaran Rp. 150 juta yang berasal dari dan hibah Pemkot Sukabumi tahun 2011. Dimana pengerjaannya dimulai sejak bulan Oktober lalu dan baru diselesaikan bulan Desember ini.

          “Dalam penyelasian pekerjaannya memang ada keterlambatan, dikarenakan faktor cuaca yang sering turun hujan beberapa waktu lalu, namun alhamdulillah saat ini sudah beres,” katanya di dampingi Bendahara Panitia Dana Hibah 2011 Kelurahan Sukakarya Agung Sulaksana saat ditemui usai menghadiri Musrenbang di Kantor Kelurahan Sukakarya, kemarin.

           Dijelaskan Taufiq, sebelum mengajukan pembangunan bendungan dan irigasi tersebut pihaknya terlebih dahulu melakukan rapat  dengan pihak kelurahan, RT, RW dan perwakilan dari masyarakat. Karena biar bagaimanapun manfaat dari  pembangunan saat ini akan dirasakan oleh masyarakat.

           “Nantinya dalan pengoperasian pintu air irigasi akan dilakukan oleh masyarakat yang menjadi petugas atau mitra cai (air). Karena aliran air dari irigasi tersebut nantinya akan mengair puluhan hektar sawah yang ada di sepanjang irigasi,” ujarnya.

           Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, untuk tahun 2012 nanti pihaknya akan memprioritaskan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang terdapat di wilayah Kelurahan Sukakarya. Pihaknya juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Sukabumi dan dinas terkait sehingga pengerjaan bendungan dan irigasi ini cepat selesai.

          “Saya harap bendungan dan irigasi ini memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat, khususnya yang mempunyai areal persawahan,” ungkapnya.

          Sementara itu Kasi Pembangunan Kelurahan Sukakarya Suwandi memberikan apresiasi atas usaha dan kerja keras Paniti Dana Hibah Kelurahan Sukakarya yang telah menyesaikan pembangunan bendungan dan irigasi. Karena nantinya melalui irigasi tersebut berfungsi untuk mengairi 30 hektar areal persawahan yang terletak di Rw 4,10 dan 11.

          Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, berkaitan dengan usulan warga di Kelurahan Sukakarya dalam Musrenbang banyak yang menginginkan renovasi terhadap Rumah Tidak Layak Huni. Dimana berdasarkan data yang dmiliki pihak kelurahan, jumlahnya mencapai 188 unit yang belum tersentuh oleh BSPS Kemenpera dan PNPM, sehingga menjadi skala prioritas.

         Berkaitan dengan RTLH, Ketua BKM Sukakarya Agung Sulaksana mengatakan, sampai saat ini sudah 47 unit RTLH di Kelurahan Sukakarya yang direnovasi. Bahkan untuk tahun 2012 nanti pihak provinsi Jawa Barat memberikan bantuan rehab bagi 15 RTLH. 

0 komentar :

Posting Komentar