Rabu, 14 Desember 2011




Kepala Seksi Pembangunan Balai Pengelolaan Jalan (BPJ) Wilayah II Sukabumi Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Ruhiyat


Sukabumi, SENTANAonline.com


           DI KOTA dan Kabupaten Sukabumi, jembatan yang menggunakan beton berongga (voinded slab) baru hanya ada satu. Jembatan itu, kata Kepala Seksi Pembangunan Balai Pengelolaan Jalan (BPJ) Wilayah II Sukabumi Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Ruhiyat, yakni, Jembatan Cipanengah. Jembatan itu pun, kata dia, baru selesai pengerjaannya awal Nopember lalu.

        Diterangkannya, keunggulan jembatan menggunakan beton berongga, diantaranya, pemasangan yang cepat dan bisa langsung dilalui kendaraan. Namun, untuk mendapatkan beton itu perlu sedikit perjuangan dengan menunggu kiriman dari pabrik. "Setelah dibayar, kami menunggu hampir selama dua bulan." kata dia di kantornya, kemarin.

            Selain menunggu lama, membawa beton berongga juga perlu mendapat perhatian serius bahkan perlu pengawalan ektra ketat dari aparat. Hal ini disebabkan, barang yang dibawa cukup panjang, mengakibatkan kemacetan. Selain itu, jalan yang dilewati menuju lokasi pembangunan cukup berkelok mengakibatkan keterlambatan pengiriman. "Namun alhamdulillah, sebelum masa kontrak habis, pembangunan jembatan selesai," tegasnya.

          Tambahnya, selain di kawal petugas, selama proses pengangkutan beton berongga juga dikerahkan kendaraan berat sebagai antisifasi hal yang tidak diinginkan. " Beton berongga yang dipesan untuk Jemabatan Cipanengah panjang 12 meter dengan lebar 90 Cm." tegas Ruhiyat.(GUN)

0 komentar :

Posting Komentar