Selasa, 18 Maret 2014



 Sukabumi,

Ada empat pendekatan untuk menjaga empat pilar kebangsaan yang terdiri  Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Keempat pendekatan tersebut yaitu pendekatan kultural, edukatif, hukum, dan struktural, dibutuhkan karena saat ini pemahaman generasi muda terhadap 4 pilar kebangsaan smakin menipis.

Mencermati kondisi demikian Komandan Resort Militer 061/Suryakencana, Kolonel Inf. Eko Margiyono meminta kepada seluruh anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) yang tergabung didalam Korps Mahawarman untuk memberikan kontribusi aktif  bagi ketahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mereka harus mampu menjalan tupoksinya dalam mensosialisasikan empat pilar kebangsaan tersebut  kepada generasi muda saat ini sebagai penerus bangsa,” ujarnya “ usai melantik Ketua Korps Menwa Kota dan Kabupaten Sukabumi Dadang Eka beserta jajarannya di Lapang Makodim 0607 Sukabumi yang dihadiri unsur muspida, rabu (19/3).

Dijelaskannya, pelantikan korps Menwa di wilayah Sukabumi merupakan yang kedua setelah wilayah Bogor beberapa waktu lalu dan tinggal membentuk pengurus serupa di Cianjur, sehingga nantinya bisa terbentuk resimen Mahawarman.

“Kami bersyukur dengan dibentuknya resimen Mahawarman, karena harus disadari saat ini sudah tidak ada lagi penambahan jumlah anggota TNI,” tandasnya.
Makanya dikatakan Danrem, saat ini dibutuhkan komponen lain dan korps mahawarman sedikit banyak bisa menjadi komponen cadangan bagi TNI. Karena pada dasarnya orang-orang yang tergabung dalam Menwa, mereka yang sudah terlatih dan memiliki disiplin tinggi sehingga mudah untuk diorganisir.

“Saat ini TNI dihadapkan pada wilayah yang sangat luas dan jumlah anggota yang ada tidak mencukupi, makanya kita  perlu merekrut komponen lain seperti halnya korps Menwa,” tegasnya.
Danrem  berharap agar pengurus Korps Menwa yang sudah dilantik, untuk bisa menjalankan rencana kerja serta programnya dengan baik dan tidak hanya sekedar wacana saja, melainkan bisa direalisasikan secara nyata.

 Walikota Sukabumi H.Mohamad .Muraz , SH MM memberikan dukungan terhadap dibentuknya pengurus korps Menwa di kota dan kabupaten Sukabumi, karena memberikan satu langkah yang sangat baik dalam meningkatkan kualitas kader bangsa untuk mewariskan yang terbaik kepada penerus bangsa.

Menurutnya, kehadiran korps Menwa setidaknya bisa membangkitkan rasa kebangsaan masyarakat khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa saat ini yang semakin lama terus menurun. Bahkan menurunnya rasa kebangsaan tersebut tidak hanya dialami oleh masyarakat, melainkan hal serupa juga terjadi kepada aparatur pemerintahan.

“Sekarang kita sudah mulai melupakan pilar-pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” tegasnya.

Bahkan diakui Walikota, Indonesia menjadi bangsa yang besar dan dihormati oleh negara-negara lain karena kita menjunjung tinggi serta berpedoman terhadap empat pilar kebangsaan tersebut. Makanya dirinya yakin dengan dilantiknya korps Menwa, karena mereka merupakan salah satu korps yang intens dan memiliki kemampuan  untuk mengamalkan empat pilar bangsa tersebut.
“Saya mengajak seluruh masyarakat dan aparat pemerintahan untuk kembali meyakini dan memahami empat pilar bangsa, demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik khususnya bagi generasi penerus bangsa nantinya,” ujarnya
































0 komentar :

Posting Komentar