Kamis, 13 Maret 2014


Sukabumi,
Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan lini terdepan dalam pelayanan kesehatan di level RW, sehingga sudah sepantasnya untuk mendapat perhatian  serius dari pemerintah daerah, apalagi posyandu digerakan dari oleh dan untuk masyarakat ,  sebagai ujung tombak pelayanan dasar  kesehatan di tingkat RW.

Walikota, H. Mohamad Muraz, SH MM pada acara temu kader Posyandu bertempat    di gedung juang 45 (12/3) 2014 yang ditandai dengan  penyerahan  dana bantuan kepada 447 Posyandu (smester 1)  yang diserakan  secara simbolis dan masing masing Posyandu menerima bantuan sebesar  Rp 900.000,- atau per-bulan sebesar Rp 150.000,-

Dikemukakan Walikota Peningkatan SDM dan fasilitas kader posyandu sudah sepantasnya  diberikan perhatian dengan memberikan insentif  subsidi untuk bisa meningkatkan kualitas pelayanan, karena  jelas sangat membantu pemerintah daerah terutama dinas kesehatan.
 
“Kini kegiatan Posyandu beragam banyak posyandu menyelenggarakan kegiatan bina keluarga balita kelas ibu hamil dan balita, pencegahan dan deteksi dini penyakit menular, pendidikan usia dini, bina keluarga lanjut usia, pengajian, hingga usaha produktif seperti koperasi, pengajaran keterampilan dan pemilahan sampah"Posyandu tidak hanya untuk layanan kesehatan dasar ibu dan anak, tetapi dapat menjadi wahana penyebaran informasi kepada masyarakat dalam berbagai hal.
 
 Seluruh Kader Posyandu   Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, dapat menjalankan tugas dan amanah dengan baik dan optimal, khususnya dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, termasuk dalam merealisasikan berbagai harapan dan kehendak masyarakat.

Dijelaskannya, Dana Operasional Posyandu ini, berasal dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi. Karena APBD Kota Sukabumi, diperuntukan bagi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Dijelaskan pula, selain dari APBD Kota Sukabumi, seluruh Posyandu di Kota Sukabumi, juga akan mendapat bantuan dari APBD Provinsi Jawa Barat, masing-masing sebesar Rp1.700.000,- pertahun.

 Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat BPMPKB Kota Sukabumi, Fajar Muharam, S.Pd., selaku Panitia Penyelenggara menjelaskan, maksud dan tujuan diserahkannya Dana Operasional Posyandu ini, untuk mendorong motivasi para Kader Posyandu, dalam meningkatkan peran sertanya secara aktif dan optimal, khususnya dalam melakukan pengelolaan Posyandu. Selain itu, juga untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Posyandu, serta operasional kegiatan Posyandu, terutama dalam memberikan pelayanankepadamasyarakat.

“ Dana Operasional Posyandu ini, mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sebesar 600 persen. Karena pada tahun sebelumnya, setiap Posyandu hanya mendapat Dana Operasional masing-masing sebesar 330 ribu rupiah per tahun, atau masing-masing sebesar 29 ribu rupiah per bulan”.
Acara tersebut dihadiri, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., para Asisten, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para Camat dan Lurah, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, serta undangan lainnya.

0 komentar :

Posting Komentar