Senin, 03 Maret 2014





Sukabumi,

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sukabumi akan mengerahkan sebanyak 1342 relawan untuk membantu kinerja Petugas Pengawas Lapangan (PPL) saat melakukan pengawasan dalam pelaksanaan kampanye terbuka dan pemilihan legislative (Pileg) 9 April 2014 mendatang.


Ketua Panwaslu Kota Sukabumi, H. Ending Muhidin mengatakan para relawan itu merupakan mitra PPL saat melakukan kinerja pengawasan dilapangan. 


“Saya rasa dengan jumlah PPL sebanyak 94 orang, mana bisa kita mengawasi semua gerakan yang ada dilapangan jika sudah waktunya pelaksanaan kampanye terbuka. Untuk itu kami merekrut para relawan itu, sebagai mitra PPL di setiap kecamatan,” katanya kepada Jurnal Sukabumi saat di temui di ruang kerjanya. Rabu (26/2) 


Ending menjelaskan, relawan itu akan ditugaskan sesuai dengan wilayah masing-masing. Untuk itu, proses perekrutan dilakukan berdasarkan usulan dari PPL yang berada di sekitar Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kemudian, diusulkan kepada Panitia Pengawas.Kecamatan (Panwascam). Dalam menjalankan tugasnya itu, para relawan berada dibawah kendali dan kordinasi Panwascam.


“Mereka berdomisili disekitar TPS, memiliki hak pilih sesuai DPT. Serta yang lebih penting lagi adalah mereka tidak terlibat sebagai salah seorang tim sukses caleg dan bukanlah para pengurus partai kandidat pileg,” terangnya.


Untuk itu bagi yang berminat kata Ending, dipersilahkan menghubungi PPL. Syaratnya, berdimisili di sekitar TPS, terdaftar sebagai pemilih dan tidak tercatat sebagai pengurus partai atau tim sukses caleg. Meski  bukan prioritas, Panwas menginginkan kalangan mahasiswa dan pelajar. Alasannya, selain sebagai pembinaan, kalangan ini dianggap memiliki kepekaan tinggi jika terjadi pelanggaran. “Relawan bertugas mulai dari tahapan kampanye hingga penghitungan suara,”katanya.


Ending menjelaskan, perekrutan relawan merupakan kebijakan dari KPU Pusat. Namun untuk tingkat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Propinsi Jawa Barat, perekrutas tersebut dicetukan sebagai Geser Gerakan Sejuta Relawan (Geser).


“Perekrutan ini sebagai upaya membantu pengawasan dalam  menyukseskan pemilu, mengingat jumlah Panwascam sebanyak 21 orang dibantu 94  PPL  dianggap masih kurang . Sementara di Kota Sukabumi ada sebanyak 671 TPS,” /ndy


0 komentar :

Posting Komentar