Senin, 09 Desember 2013



GALAKSI. Sekilas pembaca pasti akan teringat pelajar ilmu bumi tentang planet-planet yang berseliweran di luar angkasa sesuai orbitnya. Ternyata Galaksi yang dimaksud ini adalah kependekan dari Gelar Aksi karakter Siswa Indonesia [Galaksi] baik tingkat Kota maupun Jawa Barat. 

Lima pendekar Galaksi dari SMA Negeri 4, Kota Sukabumi ini, memanfaatkan peluang dan kesempatan demi mengasah kemampuan masing-masing. Ketiga siswa asal SMA Negeri 4 itu diantarnya, Saptian Lerian, IPS/1 ada juga Naufal Kamal Al Fauzi, Kelas ll/ IPA-1 dan Frida Agustina Kelas ll.

“Sebenarnya ada Lima siswa yang ambil bagian dalam ajang Galaksi itu seperti Syarief dan Imam, berdasar bakat dan minat atau kompetensi individu kelima siswa itu. Kami selama TC sepakat untuk siapa berbuat apa. Penyelenggara sudah menyediakan materinya siap digarap peserta saja,” ungkap guru pembimbing Nunung Mariyam   

                Siapa untuk berbuat apa. Seperti Septian Lerian, selain ikut karya tulis ilmiah juga debat bahasa Indonesia selain terlibat juga dalam penampilan kaulinan barudak lembur. “Saya gabung dengan regu kaulinan barudah seperti permainan Congkak, Gatrik, Paciwit ciwit Lutung, oray-orayan.”

                “Karya tulis ilmiah atau KTI bertajuk larangan pecaran di sekolah. Larangan merokok di tempat umum, konsepnya Imam sendiri bisnis online isi ulang gas dan air. Sedang Naufal Kamal Al Fauzi Kelas II/ IPA-1 membuat film dokumen berjudul  Lestari Jaipongan. Film dokumen selama 15 menit itu juga harus menghadapi rival dari 5 SMA dan SMK di Kota Sukabumi,” kata Naufal. 

                Dikatakan, selain materi Galaksi tadi Nufal jug harus mencipta lagu. “Saya selama 3 hari memeras kreatifitas, focus dan akhirnya gol juga Judulnya Najulah Jawa Barat dibantu rekan saya Sadat. Membuat film dokumentasi dan cipta lagu sangat sarat tantangan, terutama mengatur  waktu yang relative singkat.” Imbuhnya. 

                Sementara dari Frida Agustina perannya nyaris sama dengan rekan sekelompoknya. “Saya gabung dengan group debat Bahasa Indonesia, dan pekan terakhir Oktober silam untuk Galaksi dari tim SMA Negri 4 Kota Sukabumi di Jawa Barat. Benar-benar tiada hari tanpa istirahat.”

                Panitia Galaksi Jawa Barat yang diselenggarakan di kawasan Lembang itu. Ternyata sudah mempersiapkan agenda terpisah dari Galaksi yaitu kegiatan bernuasa edukatip. “Kami dilibatkan dalam aksi penanaman pohon perindang dan penghijauan serta agenda bakti social.”

                Kepala SMA Negeri 4 Sukabumi, Asep Sukanta mengutip ungkapan kalangan bijak mengatakan “ Melihat semangatnya para siswa yang terjun dalam ajang Galaksi di Jawa Barat. Sesuai dengan ungkapan, tindakan adalah akal terakhir bagi mereka yang tidak tahu lagi bagaimana harus bermimpi. Jadi anak-anak itu tak lagi bermimpi tapi berbuat.” Katanya. 
            
“Trophy juara umum yang Kami gondol ke Sukabumi. Andai trophy itu bisa ngomong seperti lirik lagunya Dul Sumbang kalau bulan bisa ngomong. Dia pertama mengagumi  kami yang kompak dan terhindar dari  ancaman putus asa serta kerja keras hingga titik darah penghabisan,” pungkas Naufal Kamal Al Fauzi yang diamini guru mereka Nunung Mariyam mensyukuri.[HS2SMI]

0 komentar :

Posting Komentar