Sabtu, 15 Oktober 2011


Pemulihan Psikososial dan Ekonomi Pasca Bencana Sangat Dibutuhkan

Sukabumi, SENTANAonline.com

WILAYAH Jawa Barat merupakan daerah rawan bencana alam. Dua pertiga wilayahnya berpotensi terancam bahaya bencana. Untuk itu, perlu diantisipasi cara penanggulangannya.
Kepala Seksi Kontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, Budiman mengatakan, bantuan pemulihan  sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada pasca bencana.Sehingga, peran pemerintah dan kalangan masyarakat sangat berarti.

“Bantuan pemulihan psikososial dan mata pencaharian sangat dibutuhkan korban bencana,” ujarnya usai Work Shop Pedoman Pemulihan Psikososial Masyarakat Pasca Bencana di Pandopo Kabupaten Sukabumi, Jalan Jend.Ahmad Yani Kota sukabumi, Rabu (12/10). Work shop yang menghadirkan konsultan sebagai pemateri tersebut diikuti petugas penanggulangan bencana kecamatan.

Dijelaskan, bantuan pemulihan  psikososial dan pencaharian pasca bencana tidak kalah pentingnya dengan bantuan persediaan makanan. Sebab, bantuan pemulihan dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi psikologi dan ekonomi korban. “Bagaimana teknis pemulihannya, maka dilakukan work shop ini,” ujarnya.

Tujuannya,kata Budiman, agar petugas dilapangan mengetahui bagaimana cara pemulihan yang berkaitan dengan ekonomi dan psikososial. Selain itu, juga mengetahui cara penilaian kerusakan termasuk reahbilitasi pasca bencana.

Sedangkan teknis penyusunan pemulihan pasca bencana, katanya, diserahkan kepada konsultan di wilayah bencana untuk merealisasikannya.

Sekretaris BPBD Kabupaten Sukabumi, H.Tito mengatakan, setelah kegiatan tersebut, was an petugas dilapangan lebih luas dan memahami tugasnya jika terjadi bencana alam. Sehingga penanggulangan cepat dilaksankan sesuai dengan prosedur dan teknis dilapangan. Korban bencana tidak terlalu lama trauma dan dapat kembali menjalankan aktifitasnya seperti semula. “Kami berharap, petugas mampu bertugas dengan sebaik-baiknya dilapangan,” ujarnya. (RMT)

0 komentar :

Posting Komentar