Senin, 24 Oktober 2011



Sukabumi, SENTANAonline.com

PEMERINTAH Kota Sukabumi segera miliki rumah susun sederhana sewa alias rusunawa. Rencana,  pembangunan dimulai pada awalnovember nanti.Untuk teknis pembangunan, dilaksanakan  pemerintah pusat melalui Dirjen Cipta Karya. " Dalam hal ini, Pemerintah Kota Sukabumi hanya menyediakan lahan minimal 4000 M2." ungkap Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Sukabumi, Ir. Hj. Endah Aruni. Sementara, lahan yang telah dipilih terletak di kawasan Cikundul Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi.

Terkait lahan yang telah dipersiapkan, Endah, mengatakan, sudah dilakukan sejumlah persiapan, seperti, Pematangan lahan serta pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sementara, yang belum dilaksanakan, pembangunan sarana air bersih, jalan serta fasilitas listrik. " Untuk yang belum, kami akan lakukan secara bertahap." tegasnya.

Adapun maksud dibangunnya rusunawa, menurur Endah, untuk mengurangi tingkat pemukiman kumuh yang terjadi di dalam kota. Ini, tentu seiring dengan program Walikota Sukabumi, H. Mokh Muslikh Abdussyukur yang menginginkan Kota Sukabumi terbebas dari kawasan kumuh di tahun 2013 nanti.

Diterangkannya pula, rusunawa Kota Sukabumi akan dibangun sebanyak dua twin blok dengan isi 99 unit rusunawa. Dibangun dengan lima lantai dengan fasilitas, seperti, ruang pengelola, ruang serbaguna serta fasilitas parkir yang aman bagi para penghuni. Sementara, sasaran rusunawa selain untuk karyawan Dinas Kebersihan, juga bisa oleh Pegawai Negri Spil (PNS) yang belum memiliki rumah. " Harga sewa, tentu lebih murah bila dibandung harga sewa rumah lainnya." ungkap Endah.

Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, Endah menargetkan, pembangunan rusunawa bisa selesai pada pertengahan tahun 2012 nanti." Pada waktu itu pula, yang berminat bisa datang ke kantor pengelola untuk menyewa." tandas Endah.

Salah seorang petugas kebersihan di Dinas kebersihan Kota Sukabumi yang enggan disebut namanya, menyambut baik rencana ini. Bahkan dia mengatakan, pemerintah harus segera merealisasikan rencana itu. karena, menurutnya, dengan adanya rusunawa dipastikan bisa meringankan beban dalam biaya sewa rumah. " Selama ini, saya sewa rumah cukup mahal. Mudah mudahan dengan adanya rusunawa, biaya sewa lebih murah dan rumah lebih layak." harap dia.(GUN)

0 komentar :

Posting Komentar