Minggu, 16 Oktober 2011


Penjualan Hewan Qurban Mulai Marak



Kota Sukabumi-Pelita

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1432, penjualan hewan qurban mulai marak di wilayah Kota Sukabumi. Berbagai jenis hewan seperti sapi dan kambing dengan harga bervariasi mulai ditawarkan para pedagang.

Seperti Ichwan Hamid pemilik CV. Hikmah Putra yang khusus mensuplai hewan qurban dan potong di Jl. Pajagalan No. 66 Kecamatan Warudoyong, kemarin. Untuk tahun ini pihaknya menyiapkan 140 ekor sapi berbagai jenis dari luar negeri maupun lokal dengan harga yang bervariasi.

“Alhamdulilah setiap tahun penjualan sapi untuk qurban terus meningkat, tahun lalu hewan  qurban yang kami siapkan sebanyak 114 ekor,” katanya.

Dijelaskannya, sapi kurban yang dijualnya dari luar negeri ada 6 jenis unggulan diantaranya, Simmental, Limoesine, Brahman, Elite Bull, Benggolo dan lainnya. Sedangkan untuk sapi jenis lokal dari daerah Jawa Tengah.   Adapun harga untuk sapi qurban jenis luar negeri dengan berat 700-1.200 kg berkisar Rp. 20-35 juta per ekor. Dan untuk sapi lokal dengan berat 250-700 kg Rp. 8.5-15 juta per ekor.

“Sampai saat ini sudah terjual 40 ekor sapi qurban berbagai jenis dan pembelinya bukan hanya di Sukabumi saja, melainkan juga ada yang dari Jakarta dan daerah lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Ichwan mengungkapkan, seluruh sapi qurban yang dijualnya teleh memenuhi standar kesehatan dan dijamin bebas dari penyakit antrax dan menular lainnya. Bahkan untuk perawatannnya, pihaknya menyerahkan kepada yang sudah ahli.

“Bagi pembeli yang berasal dari luar kota, akan kami kirim sehari sebelum pelaksanaan Idul Adha. Hal ini untuk menjaga agar sapi tersebut tetap terawat,” ungkapnya.

Sementara itu salah seorang pelanggan utama yang tiap tahun selalu membeli hewan qurban dari Ichwan, Hj. Neni Fauzih pengasuh Ponpes Syamsul Ulum Gunungpuyuh, Kota Sukabumi mengaku, dirinya tertarik membeli sapi dari Ichwan selain terawat harganya juga relatif standar.

“Saya membeli sapi di sini semenjak masih dikelola oleh orangtuanya, dan setiap tahun sapi yang dibeli untuk qurban sekitar 10-15 ekor, ” katanya.

Lebih lanjut Hj. Neni mengungkapkan, nantinya sapi-sapi yang dibelinya tersebut akan diqurbankan dan dibagikan untuk 150 titik di wilayah Sukabumi kepada masyarakat yang membutuhkannya dan pendistribusiannya melalui majelis taklim. (bud/4)

0 komentar :

Posting Komentar