Selasa, 01 November 2011



Kota Sukabumi-Pelita

Sebanyak 20 KK calon transmigrasi asal Kota Sukabumi rencananya besok (hari ini) akan mengikuti seleksi dan pelatihan dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat selama 2 hari. Bukan itu saja para calon transmigran juga akan diberikan pelatihan oleh Dinsostek PB Kota Sukabumi.

“Pelatihan yang dilakukan oleh propinsi lebih kepada membangun psikologis para calon transmigran agar tidak cepat putus asa ketika di daerah transmigrasi. Sedangkan kami memberikan pelatihan keterampilan bercocok tanam dan pertukangan,” kata Sekretaris Dinsostek PB Kota Sukabumi, Oom Setiawati, kemarin.

Rencananya 20 KK calon transmigran asal Kota Sukabumi tersebut ditempatkan di UPT Amarome Kecamatan Asiera Kabupaten Konawe Utara Sulawesi  Tenggaran dan Bolaanmongondow, Sulawesi Utara. Disana mereka akan diberikan lahan seluas 2 hektar bagi setiap transmigran.

Dijelaskan Oom, berdasarkan data dari tahun 2009-2010 sudah 20 KK warga Kota Sukabumi yang sudah diberangkatkan ke daerah transmigrasi di Halmahera dan Konawe Utara, ditambah dengan tahun ini semuanya menjadi 40 KK. Dari hasil pemantauan kami ke lokasi transmigrasi beberap waktu lalu, Alhamdulillah para transmigran asal Kota Sukabumi berhasil dan sukses dalam meningkatkan taraf hidup kesejahteraannya masing-masing.

“Bahkan mereka sudah menyiapkan rumah tinggal bagi para calon transmigran asal Kota Sukabumi yang dibangun menggunakan biaya mereka sendiri. Adapun jenis pertanian yang mereka kembangkan yaitu Jagung, Coklat, Kacang dan Cengkeh,” ujarnya.

Lebih lanjut Oom mengungkapkan, jumlah calon transmigran yang mendaftar keDinsostek PB Kota Sukabumi sebanyak 100 KK lebih sedangkan kuota yang diberikan hanya 20 KK. Rencananya 20 KK calon transmigran asal Kota Sukabumi akan diberangkatkan bulan desember mendatang dengan menggunakan transportasi laut.

“Sebelum memberangkatkan calon transmigran ke lokasi transmigrasi, kita terlebih dahulu melakukan MoU dengan pemda setempat,” ungkapnya. (bud/4)

0 komentar :

Posting Komentar