Jumat, 04 November 2011


Sukabumi, SENTANAonline.com

RUAS jalan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat mulai ruas Jalan Simpang Karang Karanghawu Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi hingga ruas Jalan Cibareno rusak parah. Kerusakan ditenggarai karena curah hujan yang terus menerus.

Untuk itu, untuk ruas jalan tersebut perlu penanganan serius dari pihak pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Selain curah hujan, kerusakan jalan pula disebabkan tekstur tanah yang labil," kata Sekretaris Balai Pengelolaan Jalan (BPJ) wilayah II Sukabumi Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, H. Iyus Yusuf.

Menurut H. Iyus, ruas Jalan Simpang Karanghau - Cibareno sepanjang 23 Km, dengan tingkat kerusakan parah, sedang serta ringan. Dengan tingkat kerusakan yang ada, pernah dilakukan perbaikan sepanjang 3 Km untuk tahun 2010 dan 1,5 Km tahun  2010. "Sementara, untuk tahun anggaran 2012, diajukan perbaikan sepanjang 6 Km," terangnya.

Dikatakan Iyus, untuk meningkatkan atau memelihara ruas jalan butuh  biaya yang sangat besar. Satu kilo jalan untuk peningkatan diperlukan biaya sebesar Rp 3 miliar dan 1 miliar untuk pemeliharaan. "Nilai ini, telah termasuk pembuatan drainase," ujarnya.

Melihat kondisi itu, Iyus berharap, anggaran bisa tersedia agar ruas Jalan Simpang Karanghau - Cibareno bisa diperbaiki, dan aman bagi pengguna kendaraan. "Bukan hanya aman, tapi saya berharap jalan nyaman untuk dilalui," ungkap dia.(GYF)

0 komentar :

Posting Komentar