Selasa, 15 November 2011




Kota Sukabumi-

Menjelang pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Sukabumi tahun 2011 yang akan digelar mulai 24-26 november 2011 mendatang. 7 kecamatan Se Kota Sukabumi mulai menyelenggarakan MTQ tingkat kecamatan sebagai ajang seleksi.

“Pelaksanaan MTQ tingkat Kota Sukabumi juga bertujuan sebagai ajang seleksi peserta untuk mengikuti MTQ tingkat Jawa Barat  yang digelar di Kabupaten Karawang bulan depan,” kata Kabid Kesra Pemkot Sukabumi Encep Mulyadi, saat ditemui usai menghadiri pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Cikole, di Pesantren Al Mahfudziyah, kemarin.




Dijelaskan Encep, saat ini sudah seluruh kecamatan menggelar MTQ di wilayahnya masing-masing dan sudah bisa menentukan siapa saja peserta yang akan diikutsertakan dalam MTQ tingkat Kota Sukabumi. Adapun lokasi untuk MTQ tingkat Kota Sukabumi di gelar di 3 lokasi, diantaranya, Mesjid Agung, Gedung Pusat Kajian Islam (Pukis) dan Gedung Qolbun Salim, dengan 9 cabang yang diperlombakan. Yaitu  Tahfidz , Tilawah, Murotal, Qiroasabah, MSQ, MKQ,M2KQ dan Tafsir.  
   
“Bagi peserta yang diikutkan di ajang MTQ tingkat propinsi yang berhasil meraih juara 1-3 di MTQ tingkat kota,”  ujarnya.

Lebih lanjut Encep mengungkapkan, untuk MTQ tingkat propinsi di Karawang pihaknya secara serius mempersiapkan para kafilah, khususnya untuk cabang Tilawah yang harus lebih ditingkatkan. Jika melihat prestasi tahun lalu bisa dibilang bagus.

“Bagi kafilah yang meraih juara MTQ tingkat kota akan mendapatkan penghargaan dan uang pembinaan, sedangkan bagi yang juara di MTQ tingkat propinsi akan mendapat hadiah umroh,” ungkapnya.

Sementara itu Panitia Pelaksana MTQ Tingkat Kecamatan Cikole, Asep Koswara mengatakan, jumlah peserta dari 6 kelurahan se Kecamatan Cikole yang mengikuti MTQ sebanyak 150 orang lebih. Dimana pelaksanaan MTQ hanya satu hari saja, dan bertempat di Pesantren AL Mahfudziyah karena kita memberikan kesempatan bagi setiap kelurahan untuk menggelar MTQ tingkat kecamatan setiap tahunnya.

 Saat ditanya sejauhmana target Kecamatan Cikole di ajang MTQ tingkat Kota Sukabumi mendatang, Asep menjelaskan bahwa pihaknya menargetkan menjadi juara umum untuk tahun ini. Berbagai persiapanpun sudah dilakukan.

“Cabang andalan kita dalam MTQ yaitu, Murotal dan Tilawah dan kita terus meningkatkan kualitas para kafilah,” ungkapnya. 


0 komentar :

Poskan Komentar