Rabu, 02 November 2011



Sukabumi, SENTANAonline.com

BERADA di ujung masa jabatan bukan berarti mengurangi aktifitas. Hal itu dibuktikan Kepala Desa (Kades) Neglasari, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Atin Sasmita. Meski masa jabatannya hanya satu tahun lagi,  semangatnya untuk membangun desa tidak surut.

Dengan dana sendiri, Atin merehab kantor desa yang kondisinya sudah memprihatinkan. “Kantor desa merupakan sarana untuk melayani masyarakat. Bagaimana bias melayani kalau kondisinya tidak layak pakai,”ungkapnya alas an mengapa dia tergerak utuk merehab gedung yang telah ditempatinya selama empat tahun tersebut, beberapa waktu lalu.

Dia mengungkapkan, rela merogoh koceknya sendiri untuk merehab bangunan kantor desa yang rusak akibat gempa bumi pada 2009 lalu. Padahal, dia telah beberapa kali mengajukan perbaikan kepada Pemkab Sukabumi, namun belum mendapat jawaban.”Saya sudah bosan mengajukan permohonan bantuan untuk merehab kantor desa, jawabannya ya tidak ada,”ujarnya.

Dia bersyukur, selama kepemimpinannya Desa Neglasari mengalami kemajuan. Sejumlah dusun yang dulunya gelap gulita jika malam hari, kini telah teraliri listrik. “Saya bersyukur warga saya yang tadinya tidak menikmati listrik kini sudah menikmati. Memang masih ada kedusunan sebagian yang belum terjangkau,” ujarnya.

Keberhasilannya membangun desa tidak terlepas dari bantuan mayarakat. Sehingga pembangunan desa dapat berjalan tanpa harus menunggu dana dari pemerintah. “Saya berterimakasih kepada H.Baden yang telah mengaspal jalan sepanjang 20 km dengan biayanya sendiri,”ujarnya.

Desa yang dimpin Atin memiliki luas 2.732,40 ha dengan jumlah penduduk sebnayak 9.755 jiwa. Dengan luas tersebut, menurutnya sudah layak untuk dimekarkan. Bahkan, dia mangaku telah mengajukan untuk dimekarkan, tapi belum direalisasikan.”Memang ada pejabat yang berkunjung ke desa ini beberapa bulan lalu. Tapi saya tidak tau apa ada hubungannya dengan usulan pemekaran,” katanya.(RMT)

0 komentar :

Posting Komentar